Senin, 11 Juni 2012

Tiga Sekolah di Tuban Raih Adiwiyata Nasional


Tiga  sekolah peduli lingkungan mendapat penghargaan adiwiyata nasional, dari Menteri Lingkungan Hidup. Penghargaan tersebut diterima ketiga sekolah adhiwiata yakni SMA Negeri 1 Tuban, SMA Negeri 2 Tuban, dan SMP Negeri 2 Rengel, di Jakarta pada Rabu (6/6) kemarin.
“Dengan capaian raihan penghargaan tersebut, tidak lepas dari beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya, pengegmbangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipasif, serta pengelolaan dan pengembangan sarana prasarana,” kata Kepala Bidang sma/smk Disdikpora Tuban, AnisAffandi, di kantornya, Kamis (7/6).
Anis Affandi yang juga kepala sekolah sman 1 ini mengatakan, untuk meraih penghargaan Adiwiyata ini, sekolahnya sudah mempersiapkan sejak tahun 2000 lalu.
“Setiap tahun ajaran baru kita selalu mewajibkan setiap siswa menanam satu pohon, selain itu kita juga selalu melakukan pembenahan-pembenahan taman sekolah. Ini adalah sebagai upaya kami melestarikan lingkungan hidup,” ujar Affandi.
Menurut Affandi, setelah sekolahnya meraih penghargaan tugas yang paling berat adalah mempertahankan situasi adiwiyata di sekolah tersebut.Karenanya, setelah ini SMAN 1 Tuban memerlukan visi sesuai dengan sekolah adiwiyata.
Ditemui terpisah, Kepala Sekolah SMAN 2 Tuban, Mambaul Mushofa, yang juga kepala sekolah peraih adiwiata nasional mengatakan, menjaga lingkungan hidup itu sangat ditekankan kepada semua siswanya Sebelumnya, diraih penghargaan sama di tingkat kabupaten dan provinsi pada tahun 2008 dan 2010.
Setelah SMAN 2 Tuban mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional, menurut Mustofa, sekolah wajib membuat pembelajaran yang monolitik atau pendidikan lingkungan hidup (PLH) dan memasukannya ke semua mata pelajaran, sehingga bisa terhubung dengan pelajaran lingkungan hidup.

0 Komentar:

Posting Komentar