Senin, 11 Juni 2012

Antusiasme Warga Sukseskan E-KTP


Pengurusan E-KTP atau kartu tanda penduduk elektronik di Kabupaten Tuban berjalan lancar dan terkendali. Lebih dari itu, antusiasme warga di berbagai kecamatan juga  terlihat cukup tinggi, seperi yang Nampak Rabu (30/5).
Hal tersebut terlihat dari data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban yang hingga hari ini telah mencatat sedikitnya  25 persen perekaman data E-KTP dari jumlah total penduduk Kabupaten Tuban wajib KTP sebanyak 962.218 jiwa.
Selain itu warga yang diundang untuk pemotretan E-KTP, memenuhi kantor camat di berbagai wilayah di Kabupaten Tuban. Tampak warga begitu antusias meski menunggu berjam-jam.
Kabid Kependudukan Disdukcapil Tuban, Joko Ludiono, menyatakan tingginya antusias warga terlihat dari jumlah penduduk yang dilayani setiap hari rata-rata mencapai 350 hingga 400 jiwa.
Namun demikian, Joko mengakui pembuatan E-KTP tak selalu lancer karena petugas di lapangan juga harus menghadapi berbagai kendala yang menghambat pelaksanaan perekaman (pencatatan data dan foto). Salah satunya voltase yang menurun atau bahkan pemadaman listrik yang mendadak.
Joko mengatakan, beberapa alat seperti perekam iris mata dan tanda tangan elektronik (sidik jari) sangat sensitif dengan tegangan listrik. Dia berharap pihak terkait turut membantu kelancaran. Semisal ada pemadaman PLN seyogyanya memberitahu sehari sebelumnya.
Joko menghimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah slatan yang telah mendapat undangan, untuk segera mendaftarkan diri, guna didata dan diambil sidik jari, foto mau pun pengambilan iris.

0 Komentar:

Posting Komentar