Senin, 11 Juni 2012

Pengunjung Wisata Prataan Meningkat


Pengunjung Wisata Prataan di Desa Prataan, Kecamatan Parengan, meningkat selama masa liburan dibandingkan dengan hari biasa, baik yang berkunjung hanya untuk menikmati objek wisata setempat atau terapi mandi air hangat.
Petugas Koperasi Bisnis Mandiri (KBM) Perum Perhutani Unit II Jatim, Slamet Priyanto, di Ahad mengatakan, pengunjung wisata setempat pada liburan kali ini tidak hanya dari Tuban dan Bojonegoro, namun juga dari Lamongan dan Surabaya.
Peningkatan pengunjung, lanjutnya, terjadi sejak pertengahan Mei, dan dua hari berikutnya, jumlah pengunjung tidak berbeda dengan jumlah pengunjung per hari, yakni 100 orang atau lebih banyak dibandingkan hari libur Ahad biasa yang hanya sekitar 70 pengunjung.
Selain itu, lanjutnya, jumlah pengunjung objek wisata setempat pada hari biasa yang bukan hari libur hanya sekitar 20 pengunjung.
“Kalau hari Minggu sekarang bisa di atas 150 pengunjung,” kata petugas lainnya, Rajimin, yang berjaga di kolam pemandingan air hangat.
Di objek wisata setempat, pengunjung dikenai tarif masuk Rp3.000 per orang, kendaraan roda dua Rp1.000 dan kendaraan roda empat Rp2.000 per unit.
Namun, pengunjung yang masuk kolam renang air dingin, kolam air hangat, dan di kamar mandi air hangat masih dikenai biaya masuk tambahan sebesar Rp3.000 per orang.
Menurut Rajimin, pengunjung yang datang itu sebagian besar untuk terapi, baik di kolam air hangat atau di kamar mandi air hangat, terutama orang dewasa.
“Kolam air dingin, peminatnya anak-anak dan remaja,” ucapnya.
Secara terpisah pemilik warung di lokasi objek wisata setempat Wahyuningsih mengatakan, pendapatannya meningkat selama beberapa hari ini meningkat, dibandingkan hari libur Minggu, namun tidak dijelaskan berapa jumlah peningkatannya.
“Pengunjung paling menyukai keripik ‘tales’ produk asli Prataan, untuk oleh-oleh,” katanya, menjelaskan.
Objek wisata Prataan berada di areal seluas 2,5 hektare, lokasinya sekitar 23 kilometer dari Kota Bojonegoro dan berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Tuban.
Fasilitas yang dimiliki 11 kamar mandi air hangat dengan sebuah kolam air hangat berukuran 3 X 5 meter, berupa kolam renang dengan ukuran 20 X 25 meter berkedalaman 1-3 meter dan dua kolam anak-anak dengan ukuran masing-masing 7,5 X 8 meter.

0 Komentar:

Posting Komentar