Selasa, 17 Januari 2012

Bupati Tuban Sebelum Masa Kemerdekaan

1. Bupati ke-1: Arya Dandang Wacana
Sepeninggal ayahnya, Arya Dandang Wacana segera melaksanakan  wasiat itu. Beliau diikuti oleh para prajurit dan rakyatnya yang setia meninggalkan Lumajang. Mereka bekerja keras membuka hutan Papringan yang membentang dari lereng perbukitan  sampai ke tepi pantai utara Pulau Jawa. Setelah berhasil, tempat itu diberi nama Tuban karena di daerah itu banyak sumber air. Jadi nama Tuban tersebut berasal dari kata = metu banyu = tubanyu = Tuban).
Dari hari kehari hutan Papringan yang telah berubah menjadi Tuban itu semakin ramai saja sehingga terbentuklah sebuah kabupaten. Arya Dandang Wacana sendiri menorehkan nama sebagai adipati pertama di Kadipaten Tuban dengan gelar Kyai Ageng Papringan.
Setelah menjadi adipati selama ± 3 tahun kemudian mendirikan pesanggrahan yang di sekitarnya terdapat sungai dan sendang. Di sekitar sendang banyak ditumbuhi pohon besar, sehingga udaranya sangat sejuk. Pesanggrahan tersebut diberi nama Bekti. Nama Bekti diambil dari kata “pangabekti”,  karena pada waktu Raden Dandang wacana sedang beristirahat di tempat itu, masyarakat datang berduyun-duyun  untuk menunjukkan rasa pengabdian  kepada junjungannya (sowan ngabekti).  Bekas pesanggrahan tersebut sekarang menjadi Desa Bektiharjo.
Kyai Gedhe Papringan menjadi adipati Tuban selama ± 30 tahun kemudian meninggal dan dimakamkan di Kali Gunting,  Desa Prunggahan, Kecamatan Semanding.

2. Bupati ke-2: Raden Haryo Ronggolawe
Adipati Tuban pertama, Kyai Gedhe Papringan dikaruniai dua putri yaitu Nyai Ageng Lanang Jaya dan Nyai Ageng Ngesa. Perkawinan antara  Nyai Ageng Lanang Jaya dan Arya Wiraraja dikarunia seorang putra bernama Raden Haryo Ronggolawe.
Raden Haryo Ronggolawe dilantik sebagai adipati Tuban pada tahun 1215 Saka atau 12 Nopember 1293, bersamaan dengan penobatan Raden Wijaya sebagai raja Majapahit. Peristiwa inilah yang kemudian dijadikan titik tumpu untuk menetapkan hari jadi Kota Tuban.
Sejarah telah mencatat bahwa ketidakpuasan Raden Haryo Ronggolawe atas putusan Raden Wijaya yang melantik Nambi sebagai Patih Amangkubumi memantik terjadinya pertumpahan darah di Sungai Tambak Beras. Penegakan keadilan dengan cara Raden Haryo Ronggolawe tersebut, mengakibatkan dirinya gugur di medan pertempuran. Menurut Suwardjan dan Siti Alfiah (1987:18) “Beliau wafat pada tahun 1217 Saka atau 1295 M”.

3. Bupati ke-3: Raden Sirolawe
Serat Dhamarwulan (Hikayat Tanah Jawa) menerangkan bahwa Raden Haryo Ronggolawe mempunyai dua orang putra: 1. Raden Buntaran dan 2. Raden Watangan. Padahal di dalam serat Babad Tuban diterangkan bahwa putra Ronggolawe hanya semata wayang bernama Raden Sirolawe, beliau inilah yang menggantikan ayahanda sebagai adipati Tuban. Mungkin karena berdasarkan etika garis keturunan, putra tertualah yang berhak menjadi adipati (penguasa). Bisa jadi Raden Buntaran adalah Raden Sirolawe yang menjalankan pemerintahan hingga ± 15 tahun sampai meninggal dunia.
4. Bupati ke-4: Raden Haryo Sirowenang
Sepeninggal Raden Sirolawe yang menggantikan sebagai adipati adalah puteranya bernama Raden Haryo Sirowenang. Lama pemerintahannya ± 43 tahun.

5. Bupati ke-5: Raden Haryo Lena
Adipati Tuban ke-5 adalah Raden Haryo Lena, putera Raden Haryo Sirowenang. Lama pemerintahannya ± 52 tahun.

6. Bupati ke-6: Raden Haryo Dikara
Raden Haryo Dikara menggantikan ayahnya, Raden Haryo Lena. Lama pemerintahannya ± 18 tahun. Adipati ke-6 ini dikarunia dua putrera yaitu Raden Ayu Haryo Tedjo dan Kyai Ageng Ngraseh.
Raden Ayu Aryo Tedjo diperistri oleh “Syeh Ngabdurrahman, putra Syeh Ngali = Syeh Jalaludin ( Kyai Makam Dowo).

7. Bupati ke-7: Raden Haryo Tedjo
Pengganti Raden Haryo Dikara adalah menantunya (suami  Raden Ayu Haryo Tedjo) yaitu Syeh Ngabdurachman, putera Syeh Djalaludin dari Gresik. Setelah menjabat adipati ke-7,  Syeh Ngabdurachman bergelar Raden Haryo Tedjo. Lama pemerintahannya ± 41 tahun.
8. Bupati ke-8: Raden Haryo Wilatikta
Sepeninggal Raden Haryo Tedjo, penggantinya adalah puteranya bernama Raden Haryo Wilatikta. Lama pemerintahan  Raden Harya Wilatikta ± 40 tahun. Pada masa pemerintahannya, ada sesuatu yang patut menjadi bahan diskusi tentang sosok Raden Haryo Wilatikta ini. Suwardjan dan Siti Alfiah (1987:19) dengan merujuk keterangan Tome Pires ketika berkunjung ke Tuban menuliskan, “Keluarga rajanya sekalipun beragama Islam, sejak pertengahan abad ke-15 tetap mengadakan hubungan baik dengan maharaja Majapahit di pedalaman. Sebagian penduduk kota Tuban pada jaman itu masih kafir (belum masuk Islam, red.). Menurut musafir itu, raja Tuban pada waktu itu disebut Pate Vira. Ia bukan seorang Islam yang taat meskipun  kakaknya masuk Islam.”
Selanjutnya Suwardjan dan Siti Alfiah menjelaskan bahwa kata Vira kita kenal dengan kata Wira, yang sering menjadi bagian dari nama Jawa. Tetapi, dapat juga Vira dihubungkan dengan Wilatikta. Jika itu benar Wilatikta, maka perlu kita bertanya, mengapa putra seorang ulama besar Syeh Ngabdurrachman yang bergelar Raden Haryo Tedjo menjadi seorang muslim yang tidak taat?
Pada bagian lain Suwardjan dan Siti Alfiah (1987:20) dengan mengutip pendapat H.J. de Graaf mengemukakan, bahwa sulit dibayangkan bagaimana bisa terjadi Aria dari Tuban yang beragama Islam itu, sebagai pejabat terkemuka di wilayah kerajaan Majapahit yang sebagian besar belum memeluk agama Islam.” Keberatan ini tampaknya cukup beralasan karena setiap tahun pada waktu yang ditetapkan, adipati Tuban harus tinggal untuk beberapa lama di Majapahit dan tidak mungkin membebaskan diri dari upacara-upacara ritual non-Islam. Upacara-upacara itu merupakan bagian dari politik Kerajaan Majapahit.
Tampaknya, Wilatikta adalah abdi yang lebih setia kepada rajanya daripada kepada agamanya. Sangat masuk akal jika perbedaan paham ini sampai membuat putranya yaitu Raden Said meninggalkan Tuban untuk tinggal di Demak. Suwardjan dan Siti Alfiah (1987:20) mempertegas, “Jelas antara R. Harya Wilatikta dan R. Sahid ada pertentangan besar.”
Analisis ini diperkuat dengan kondisi objektif di Makam Sunan Bonang. Sebelah kiri Makam Sunan Bonang antara lain bersemayam Kyai Ageng Ngraseh dan Pangeran Balewot. Sedangkan di sebelah kanan bersemayam Kyai Ageng Botobang dan Kyai Ageng Gegilang. 
Lalu, di manakah makam Raden Harya Wilatikta?
Raden Harya Wilatikta dimakamkan di bagian pelataran makam induk Sunan Bonang dan keempat tokoh Tuban yang dianggap dekat dengannya. “Jadi, dapat diterima keempat bupati yang dimakamkan dengan Sunan Bonang di atas adalah para bupati yang masih erat dengan pengaruh para wali khususnya Sunang Bonang” (Suwardjan dan Siti Alfiah,1987:21).

9. Bupati ke-9: Kyai Ageng Ngraseh
Pengganti Raden Haryo Wilatikta adalah menantunya yaitu Kyai Ageng Ngraseh yang juga  putera adipati ke-6, Raden Haryo Dikara. Lama pemerintahannya ± 40 tahun.

10. Bupati ke-10: Kyai Ageng Gegilang
Sepeninggal Kyai Ageng Ngraseh, jabatan adipati Tuban digantikan oleh puteranya bernama Kyai Ageng Gegilang. Lama pemerintahannya ± 38 tahun.

11. Bupati ke-11: Kyai Ageng Batabang
Pengganti  Kyai Ageng Gegilang adalah Kyai Ageng Batabang. Lama pemerintahannya ± 14 tahun.

12. Bupati ke-12: Raden Haryo Balewot
Adipati Tuban ke-12 adalah putera Kyai Ageng Batabang bernama Raden Haryo Balewot. Beliau dikaruniai dua putera yaitu Pangeran Sekartandjung dan Pangeran Ngangsar. Lama pemerintahannya ± 56 tahun.

13. Bupati ke-13: Pangeran Sekartandjung
Raden Haryo Balewot kemudian digantikan putera sulungnya bernama Pangeran Sekartandjung. Adipati ke-13 ini mengalami nasib tragis karena meninggal di tangan saudara kandungnya yaitu Pangeran Ngangsar.
Pada waktu Pangeran Sekar Tanjung Sholat Jum’at di masjid dalam posisi rukuk Pangeran Sekar Tanjung ditikam dari belakang oleh adiknya sendiri yaitu Pangeran Ngangsar. Pangeran Ngangsar dalam mimpinya mendapat wasiat maka dengan senjata keris yang bernama “Kyai Layon” ditikamlah Pangeran Sekar Tanjung.
Pangeran Sekar Tanjung menjadi adipati selama ±22 tahun. Pangeran Sekartandjung dikarunia dua putera yaitu Pangeran Haryo Permalat dan Haryo Salempe. Namun, pada waktu ayahnya meninggal dunia keduanya masih kecil/ masih muda.

14. Bupati ke-14: Pangeran Ngangsar
Setelah berhasil membunuh saudaranya,  Pangeran Ngangsar menjadi adipati Tuban ke-14. Lama pemerintahannya hanya ± 7 tahun.

15. Bupati ke-15: Pangeran Haryo Permalat
Sepeninggal Pangeran Ngangsar, penggantinya adalah Pangeran Haryo Permalat.  Adipati Tuban ke-15 ini adalah menantu Sultan Pajang, Raden Djaka Tingkir. Pangeran Haryo Permalat memang berseteru dengan Penguasa Mataram yaitu Panembahan Senapati.  Selama pemerintahannya, Tuban pernah diserang oleh Mataram yaitu pada tahun 1598 dan 1599. Namun, serangan-serangan Mataram itu gagal karena Tuban pada waktu itu mempunyai pertahanan sangat kuat.
Lama pemerintahannya ± 38 tahun. Beliau mempunyai seorang putera bernama Pangeran Dalem.

16. Bupati ke-16: Haryo Salempe
Ketika Pangeran Haryo Permalat mangkat, yang menggantikannya adalah  Haryo Salempe yang juga putera dari adipati ke-13. Hal ini disebabkan, Pangeran Dalem masih kecil. Lama pemerintahannya ± 38 tahun.

17. Bupati ke-17: Pangeran Dalem (1614-1619)
Berakhirnya pemerintahan Adipati Haryo Salempe, yang menggantikannya adalah  Pangeran Dalem. Pada tahun 1619, Tuban diserang oleh Mataram. Terjadi pertempuran sengit yang mengakibatkan Benteng Kumbakarna jatuh ke tangan musuh. Siasat penyusupan kekuatan Mataram ke dalam tubuh pemerintahan Tuban berbuah kemenangan Mataram atas Tuban. Hal ini mengakibatkan  Pangeran Dalem harus menyingkir ke Bawean. Istri Pangeran Dalem bernama Kumalarena juga meninggal di Bawean.
Sepeninggal istrinya, Pangeran Dalem menuju ke  Rajekwesi, Bojonegoro sampai mangkat dan dimakamkan di Kadipaten, Bojonegoro. Mengapa Pangeran Dalem justru menuju ke Bojonegoro yang begitu dekat dengan Tuban? Ternyata salah satu alasan yang masuk akal adalah karena Pangeran Dalem mempunyai saudara bernama R. Ayu Djamus yang sangat berpengaruh di Bedander, Bojonegoro.
Makam Buyut Dalem berada di dalam sebuah cungkup yang terawat dengan baik. Namun, di samping makam utama tersebut bersemayam pula seorang tokoh wanita pujaan hati Buyut Dalem bernama Srihuning yang mendapat julukan  Mustika Tuban karena semangatnya “labuh tresna sabaya pati”.
Bersumber dari keterangan pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Bojonegoro dan dua orang juru kunci makam Buyut Dalem, “Di makam ini selalu diadakan semacam sedekah bumi yaitu jatuh pada setiap hari Rabu Wage, bulan September. Kegiatan ritual ini diawali pada hari Rabu Pahing dengan “mayu alang-alang” yaitu mengganti atap cungkup yang terbuat dari alang-alang. Selain itu juga dilakukan penggantian pasir yang ada di dalam makam.”
Di dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Daerah Bojonegoro (2003:20) dijelaskan:
“Payon cungkup saka makam Pangeran Dalem saben tahun ajeg didandani (saka alang-alang), nanging sing ngerjakake sawijinging nom-noman lan kudu kramas dhisik. Sing ngresiki platarane kudu tandhak, nanging ora oleh diganggu.”
Artinya:
“Atap cungkup dari makam Pangeran Dalem setiap tahun selalu diganti baru (dari alang-alang), namun yang mengerjakan adalah seorang pemuda dan harus keramas terlebih dahulu. Yang membersihakan pelatarannya harus seorang tandak, akan tetapi dia tidak boleh diganggu.”
Kegiatan ritual utama jatuh pada hari Rabu Wage. Kegiatan yang dilakukan adalah sedekah bumi dengan menggelar uyon-uyon dan langen tayub di sekitar makam.

18. Bupati ke-18: Pangeran Podjok
Terusirnya Pangeran Dalem dari singgasana Kadipaten Tuban menandai pergantian garis keturunan penguasa Tuban yakni dari garis keturunan Kyai Ageng Papringan ke tangan garis keturunan Mataram.
Siapa sebenarnya Pangeran Podjok itu?
Menurut H. Abdul Sarpin, Ketua Yayasan Sunan Podjok, “Pangeran Podjok menurut Mbah Sabib, Menganti, Bugel, Jepara mempunyai nama kecil Benun. Ia juga dikenal dengan nama Syekh Abdul Rachim. Setelah meninggal baru dijuluki dengan nama Pangeran Podjok. Alasannya karena meninggal di Desa Podjok, Blora.”
Gatot Pranoto, S.E., ketua Yayasan Mahameru yang juga tokoh sejarawan Blora dengan merujuk Babad Mentawis menerangkan bahwa pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613-1645) mempunyai semacam skala prioritas antara lain Kadipaten Tuban yang selama ini menjadi batu ganjalan bagi Mataram harus segera ditakhlukkan. Oleh karena itu, Sultan Agung mengeluarkan “Kekancing” (semacam surat perintah tugas) kepada Benun yang saat itu menjabat sebagai Surobahu; setingkat dengan tumenggung. Inti dari “Kekancing” itu adalah tugas untuk memadamkan pemberontakan Tuban.
 Misi dari Surobahu Abdul Rachim ternyata berhasil dengan baik (1619). Pergantian penguasa di Tuban ini tentunya menempatkan Surobahu Abdul Rachim untuk menjaga stabilitas Tuban. Adipati Tuban ke-18 ini  menjalankan tugasnya  ± 42 tahun.
Menurut R. Soeparmo (1972:85) “Pada hari grebeg maulud tahun Dal semua bupati di seluruh tanah Jawa datang ke Mataram untuk menghadap Sri Sultan. Demikian pula halnya dengan bupati Pangeran Podjok. Tetapi ketika perjalanan beliau menuju Mataram sampai Blora, beliau mendadak sakit dan mangkat di situ juga.”
Menurut Asmoengin TA., Kasi Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Blora (1982:25) “Pangeran Surobahu Abdul Rachim adalah perwira dari Mataram yang berhasil memadamkan kerusuhan di pesisir utara (Tuban). Sepulang dari Tuban di perjalanan jatuh sakit dan meninggal dunia di Desa Pojok (Blora). Oleh putranya dipindahkan di tempat yang sekarang.”
Pada waktu berziarah ke makam tersebut, tim penggali sejarah mendapatkan fakta bahwa di kompleks Makam Gedong/Pagedongan yang terletak di Kauman, sebelah selatan alun-alun Kota Blora bersemayam antara lain: 1. Pangeran Surobahu Abdul Rachim, 2. Pangeran Joyodipo (putra Pangeran Surobahu Abdul Rachim yang juga Bupati Blora I), 3. Joyodiwiryo (adipati Blora), 4. Pangeran Joyokusuma (adipati Blora), Istri Pangeran Joyokusuma dan kerabat kadipaten lainnya.

19. Bupati ke-19: Pangeran Anom
Setelah Pangeran Podjok meninggal, yang menggantikan adalah adiknya bernama Pangeran Anom. Lama pemerintahannya ± 12 tahun. Beliau diberhentikan dari jabatan adipati Tuban atas perintah Sultan Agung Mataram.
Menurut R. Soeparmo (1972:84) di Kabupaten Tuban untuk sementara waktu jabatan bupati ditiadakan. Konsekuensinya, Tuban diberikan semacam perwakilan yang disebut dengan istilah “Umbul” (setingkat kademangan) sebanyak empat orang yaitu:
1) Umbul Wongsoprodjo yang ditempatkan di Jenu
2) Umbul Wongsohito yang ditempatkan di Gesikharjo (Palang)
3)Umbul Wongsotjokro yang ditempatkan di Kidul Ngardi (Sebelah selatan gunung = Rengel)
4) Umbul Joedoputro yang ditempatkan di Singgahan.

20. Bupati ke-20: Arya Balabar
Adipati Tuban ke-20 adalah Arya Balabar atau Arya Blender yang juga berasal dari keturunan Mataram.  Lama pemerintahannya ± 39 tahun.  Salah satu yang dilakukan pada waktu memerintah di Tuban adalah membuat masjid terletak sebelah barat makam Sunan Bonang.
21. Bupati ke-21: Pangeran Soedjonopuro
Setelah Pangeran Arya Balabar mangkat, penggantinya adalah Pangeran Soedjonopuro yang semula menjabat Bupati Japanan (Mojokerto). Lama pemerintahannya ± 10 tahun sampai beliau wafat.
22. Bupati ke-22: Pangeran Joedonegoro
Pengganti Pangeran Soedjonopuro adalah puteranya yaitu Pangeran Joedonegoro.  Lama pemerintahannya ± 15 tahun.
23. Bupati ke-23: Raden Arya Surodiningrat
Pangeran Joedonegoro setelah wafat yang menggantikan menjadi Bupati adalah Raden Aryo Surodiningrat yang berasal dari Pekalongan. Pada waktu memerintah, terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh R. Arya Diposono. Pemberontakan ini dibantu oleh orang Madura bernama  “Kyai Mangundjojo“. Raden Aryo Surodiningrat tewas dalam peperangan. Lama pemerintahannya ± 12 tahun.

24. Bupati ke-24: Raden Aryo Diposono
Raden Arya Surodiningrat yang gugur di medan pertempuran melawan pemberontak, akhirnya digantikan oleh Raden Aryo Diposono.  Tercatat dalam sejarah, waktu memegang pemerintahan terjadi pertempuran dengan orang-orang Madura yang dahulu mendukungnya. Pertempuran itu terjadi di Desa Singkul atau Sedayu. Raden Aryo Diposono juga gugur dalam medan pertempuran. Lama pemerintahannya ± 16 tahun.

25. Bupati ke-25: Kyai Reksonegoro
Jabatan adipati Tuban berikutnya digantikan oleh Patih Kyai Reksonegoro. Setelah menjabat adipati bergelar Kyai Tumenggung Tjokronegoro. R. Soeparmo (1972:86) memberikan penjelasan bahwa pada tahun 1773 Gubernur Van  der Burgh mengusulkan kepada Sultan Agung Mataram agar bupati Tuban dipecat karena kebijakan pemerintahannya memberatkan penduduk dan tidak dapat memenuhi tugasnya yaitu membayar upeti kepada Belanda. Lama pemerintahan   Kyai Tumenggung Tjokronegoro    ± 47 tahun.
26. Bupati ke-26: Kyai Poerwonegoro
Sepeninggal Kyai Reksonegoro, penggantinya adalah puteranya yaitu Kyai Poerwonegoro.  Setelah memerintah selama ± 24 tahun, beliau menderita sakit dan mengambil perlop atau cuti.  Oleh karena itu, beliau terkenal dengan sebutan Bupati Perlop. 
27. Bupati ke-27: Kyai Lieder Soerodinegoro
Pengganti Kyai Poerwonegoro adalah Kyai Lieder Soerodinegoro.  Lama pemerintahannya hanya ± 3 tahun.
28. Bupati ke-28: Raden Poerjoadiwidjojo
Setelah Kyai Lieder Soerodinegoro mangkat, yang menggantikan sebagai adipati Tuban adalah puteranya Raden Poerjoadiwidjojo atau Raden Tumenggung Soerojodinegoro .  Lama pemerintahannya  ± 12 tahun. Setelah itu beliau berhenti dari jabatan bupati. 
29. Bupati ke-29: Pangeran Tjitrosomo VI (1800-1836)
Ketika Raden Poerjoadiwidjojo berhenti dari jabatan adipati Tuban yang menggantikan adalah Pangeran Tjitrosomo VI dari Jepara.
Tim penggali sejarah mendapatkan kesempatan untuk melacak silsilah Pangeran Tjitrosomo di Jepara. Atas bantuan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara, tim penggali berhasil bertemu dengan salah satu keturunan Tjitrosomo. Beliau bernama Raden Moeh Akrom Wijanarko yang tinggal di Purwogondo, Kecamatan  Pecangakan, Jepara. Bukti bahwa beliau keturunan  Tjitrosomo adalah dengan diperolehnya Piagam Mangkunegaran, Surakarta tertanggal 13 Juni 1988. Bersumber dari data koleksi pribadi yang dibukukan dalam Silsilah Citrosoman inilah tim penggali sejarah mendapatkan sumber yang sangat berharga.
Siapakah sebenarnya Pangeran Tjitrosomo VI itu?
Pangeran Tjitrosomo VI adalah putra ke-8 dari R.M.A.A. Citrosomo V, Bupati Jepara yang semula menjadi bupati di Kudus dengan nama dan gelar R.M.A.A. Mangkuwidjojo. Nama asli dari Tjitrosomo VI adalah R.M.Ng. Notowidjoyo I. Sepeninggal ayahnya, beliau menggantikan kedudukan sebagai adipati Jepara. Beliau kemudian ditugaskan untuk menjadi adipati Tuban. Jasanya selama memerintah di Tuban adalah membangun rumah kabupaten pada tahun 1821 yang menjadi tempat kediaman bupati sampai sekarang.
Setelah memerintah selama ± 6 tahun, beliau dipindahkan ke Lasem. Masa pemerintahannya di Lasem berjalan ± 3 tahun dan akhirnya kembali menjadi adipati Jepara dalam masa Perang Diponegoro (1825-1850).  Pada makam beliau yang terletak di  Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara tertulis masa pemerintahannya di Jepara yaitu tahun 1800-1836.
»»  Baca Selanjutnya...

SEJARAH KABUPATEN TUBAN


Tuban dan Sunan Bonang. Mungkin kata-kata tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Seperti yang kita ketahui, bahwa Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah/kabupaten Islam di Indonesia dan daerah/kabupaten tertua pula. Dari ketidak asingan tersebut pastilah ada sejarah-sejarah atau cerita-cerita yang mengawalinya. Sejarah atau cerita itu mungkin kita peroleh dari nenek atau kakek kita.

A. Sejarah Kabupaten Tuban
Dimulai pada waktu Prabu Brawijaya ke VI berkuasa, para penyiar agama Islam di tanah Jawa antara lain :
  1. Maulana Malik Ibrahim
  2. Sunan Ampel
  3. Sunan Giri
  4. Sunan Bonang
  5. Sunan Kudus
  6. Sunan Drajat
  7. Sunan Kalijaga
  8. Sunan Gunung Jati
  9. Sunan Muria
Salah satu sunan dari ke sembilan sunan tersebut yang berada di Tuban, yaitu Sunan Bonang. Beliau wafat pada tahun 1486 dan di makamkan dalam kota Tuban. Di dalam keterangan Dr. D.J.C. Schrieke, Sunan Bonang tidak di sebut sebagai orang Islam pertama yang berada di Tuban, tetapi sebaga Imam. Karena jauh sebelum beliau di Tuban, telah ada orang-orang yang telah memeluk agama Islam.
Sementara kata TUBAN sendiri mempunyai kepanjangan, yaitu meTU BANyune. Kata tersebut bermula saat Raden ARYA DANDANG WACANA sedang membuka tanah yang masih berupa hutan bamboo yang bernama papringan. Tanpa di duga-duga sebelumnya, muncullah sebuah keajaiban dengan keluarnya air yang dalam istilah jawa di sebut meTU BANyune, dan jika di rangkai menjadi TUBAN.
Peristiwa itu oleh Raden ARYA DANDANG WACANA dijadikan tonggak sejarahdalam memberi nama tanah tersebut denga namaTUBAN, dan selanjutnya di kenal dengan nama Kabupaten Tuban.
Sementara itu sejarah pemerintaha Kabupaten Tuban diawali pada jaman Majapahit, tepatnya ketika peristiwa agung pelantikanRONGGOLAWE untuk menjadi adipati Tuban Pertama oleh raja Majapahit Raden WIJAYA.
Peristiwa pelantikan itu dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 1293, yang akhirnya oleh Pemerintah Kabpaten Tuban tanggal 12 Nopember tersebut di jadikan sebagai Hari Jadi Tuban.
»»  Baca Selanjutnya...

ARTI LAMBANG DAERAH KABUPATEN TUBAN


PENJELASAN ARTI LAMBANG DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN TUBAN
DASAR
Peraturan Daerah Kaupaten Tuban  Nomor: 2/Prt/DPRD-GR/69 tanggal 16 Agustus 1969 : Pasal 1
Lambang Daerah Kabupaten Tuban terbagai atas 8 bagian, yaitu:
1.    Perisai berdiri tegak yang bersudut lima
2.    Kuda hitam yang berdiri ditengah-tengah gapura putih.
3.    Gapura Putih
4.    Bintang Kuning emas bersudut lima diatas gapura putih
5.    Batu hitam berbentuk umpak yang menjadi tumpuan kuda hitam; dan pancaran air berwarna biru muda
6.    Pegunungan berwarna hijau daun jati dan bijinya untaian kacang tanah.
7.    Perahu emas dan laut biru
8.    Kata "Tuban" ditulis diatas pita antara pangkal daun jati dan untaian kacang tanah.

Penjelasan arti Lambang Daerah Kabupaten Tuban

Bentuk perisai putih yang bersudut lima
Dengan jiwa yang suci murni dan hati yang tulus ikhlas masyarakat Tuban menjunjung tinggi Pancasila. Sekaligus merupakan perisai masyarakat dalam menghalau segenap rintangan dan halangan untuk menuju masyarakat adil dan makmur yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa

Kuda Hitam dan Tapal Kuda Kuning
Kuda Hitam adalah kesayangan Ronggolawe, pahlawan yang diagungkan oleh masyarakat Tuban karena keikhlasannya mengabdi kepada Negara watak kesatriaannya yang luhur dan memiliki keberanian yang luar biasa.
Tapal Kuda Ronggolawe berwarna kuning emas melingkari warna dasar merah dan hitam melambangkan kepahlawanan yang cemerlang dari Ronggolawe.

Gapura putih ( Gapura Masjid Sunan Bonang )
Melambangkan pintu gerbang masuknya Agama Islam yang dibawakan oleh " Wali Songo" antara lain Makdum Ibrahim yang dikenal dengan nama Sunan Bonang, dengan iktikad yang suci murni dan hati yang tulus ikhlas, masyarakat Tuban melanjutkan perjuangan yang pernah dirintis oleh para " WaliSongo"

Bintang Kuning bersudut lima
Rasa Tauhid kepada Tuhan Yang Maha Esa yang memancar didada tiap -tiap insan rakyat Tuban memberikan kesegaran dan keteguhan iman, dalam berjuang mencapai cita - cita yang luhur.

Batu Hitam berbentuk Umpak dan Pancaran air berwarna biru muda
Menunjuk dongeng kuno tentang asal kata Tuban
a.  Batu hitam berbentuk umpak ialah Batu TibanDari kata ini terjadilah kata Tu - ban
b.  Pancaran air atau sumber air ialah Tu - banyu( mata air) dari kata - kata Tu - ban

Pegunungan berwarna hijau daun jati dan bijinya serta untaian kacang tanah
Tuban penuh dengan pegunungan yang berhutan jati dan tanah-tanah pertanian yang subur dengan tanaman kacang. Sedangkan Pegunungan berwarna hijau mengandung arti: masyarakat Kabupaten Tuban mempunyai harapan besar akan terwujudnya masyarakat yang adil makmur yang diridloi Tuhan Yang Maha Esa


Perahu Emas, Laut Biru dengan Gelombang Putih sebanyak tiga buah.
Sebelah utara Kabupaten Tuban adalah lautan yang kaya raya yang merupakan potensi ekonomi Penduduk pesisir Kabupaten Tuban. Penduduk Pesisir utara adalah nelayan-nelayan yang gagah berani.
Dalam kedamaian dan kerukunan masyarakat Daerah Kabupaten Tuban untuk membangun Daerahnya menghadapi tiga sasaran :
1.    Pembangunan dan peningkatan perbaikan mental dan kerohanian;
2.    Pembangunan ekonomi;
3.    Pembangunan prasarana yang meliputi jalan-jalan, air dsb.

Keterangan angka
1.    Lekuk gelombang laut sebanyak 17: melambangkan tanggal 17
2.    Lubang Tapal Kuda berjumlah 8: melambangkan bulan Agustus
3.    Daun dan biji jati melambangkan angka 45.
dengan demikian masyarakat Kabupaten Tuban menjunjung tinggi Hari Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia. Semangat Proklamasi menjiwai perjuangan dan cita-cita masyarakat Kabupaten Tuban.
»»  Baca Selanjutnya...