Selasa, 10 Juli 2012

Mahasiswa UNIROW Sabet Juara 3 PEKSIMINAS XI


Mahasiswa UNIROW Tuban, Suantoko berhasil menyabet juara 3 penulisan naskah lakon Nasional setelah menyisihkan perwakilan atau kontingen dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia, dalam Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Nasional (PEKSIMINAS) XI Tahun 2012 di aula IKIP Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dalam pekan seni yang sangat bergengsi itu, Suantoko membawakan karyanya dengan judul ‘Barikan’ (sedekah bumi). Dalam naskahnya tersebut, Suantoko berusaha menceritakan kembang kempis yang dialami kesenian Tradisional dengan setting dan latar cerita khas masyarakat Tuban.

Dikisahkan dalam Barikan, sebuah kesenian Sandur yang sudah lama hidup dan telah mengakar di tengah masyarakat Tuban, mulai mendapati suatu massa di mana pertentangan dihadapi dari beberapa elemen, salah satunya adalah pemerintah Desa.

“Naskah yang kami sampaikan adalah gejolak seni dan tradisi yang tidak disetujui oleh pemerintah Desa, sehingga sandur akan dihilangkan dengan cara menjual lahan yang biasa digunakan untuk latihan demi mendirikan tempat karaoke, dan kesenian tradisional akan diganti dengan kesenian modern,” ujar Suantoko saat dihubungi via telepon, Sabtu (7/7/12).

Suantoko menejelaskan, naskah yang dibawakannya itu merupakan wujud dari kegelisahan melihat sebuah tradisi masyarakat yang semakin terpinggirkan, dengan adanya aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat modern. Sementara itu, budaya kesenian yang menjadi warisan budaya, justru semakin terpinggirkan.

“Saya sangat menyayangkan seni sandur yang menjadi warisan budaya leluhur, malah semakin tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah,” keluh Suantoko.

Suantoko dan beberapa rombongan dari kontingen Jawa Timur mengikuti perhelatan seni mahasiswa bersama 33 provinsi lainya itu mulai  tanggal 29 Juni lalu. Dan saat ini sedang dalam perjalanan pulang ke Jawa Timur.

0 Komentar:

Posting Komentar