Minggu, 16 September 2012

Proposal Pembangunan Balai Desa Nguruan ke MCL melalui PGA


PEMERINTAH  KABUPATEN  TUBAN
KECAMATAN  SOKO
DESA  NGURUAN
Jl. Trunojoyo No.12, Desa Nguruan, Soko, Tuban   Kode Pos : 62372
http://nguruan.blogspot.com      e-mail : nguruan@gmail.com

Nomor     : 450/01/414.07.14/I/2012                    Kepada
Lamp      : 1 (satu) Bendel                          Yth. Manager Public and Government Affair
Sifat        : Penting                                            (PGA), Mobil Cepu Limited (MCL)
Perihal    : Permohonan Bantuan                       Jl. Raya Bojonegoro Cepu KM.18
                                                                       Desa Talok, Kec. Kalitidu, Bojonegoro

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Teriring harapan dan do’a semoga bapak/ibu senantiasa dalam lindungan dan dirahmati Alloh Swt, sehingga dapat melaksanakan amanah, tugas dan kewajiban dengan keadaan sehat walafiat. Amin.
              Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dalam bidang pemerintahan terutama di desa, balai desa adalah tempat berkumpulnya masyarakat di desa dalam mengadakan musyawarah / rapat untuk menghasilkan suatu keputusan penting demi kepentingan bersama. Akan tetapi balai desa yang menjadi tempat berkumpul masyarakat desa Nguruan kondisinya sangat tidak layak jika dibanding dengan desa-desa tetangga. Hal ini tentunya membuat musyawarah yang selama ini tersentral di balai desa lama-kelamaan akan menjadikan suasana yang tidak nyaman dan tidak kondusif mengingat bangunan yang sudah tua dan dikhawatirkan semakin lapuk.
              Atas dasar inilah, kami pemerintahan desa Nguruan yang terdiri dari unsur pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa telah bermusyawarah dan menghasilkan kesepakatan/keputusan untuk mengajukan proposal yang berisi permintaan rehab pembangunan balai desa Nguruan. Tentunya dalam keputusan yang kami ambil ini juga di dukung dan disetujui oleh lembaga kemasyarakatan yang ada di desa yaitu LPMD, RT/RW, Karang Taruna dan PKK.
              Besar harapan kami agar kiranya permohonan ini dapat terkabul. Atas perhatian dan kerja samanya kami mengucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui
Ketua BPD Nguruan




NUR  NASIHIN
Nguruan, 9 Januari 2012
Kepala Desa Nguruan,




HERI  SUSILO




I.  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
1. Realisasi pelaksanaan kegiatan di Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur pada bidang infrastruktur yang menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat desa belum seluruhnya dapat terselesaikan mengingat keterbatasan alokasi dana yang tersedia. Meskipun demikian, ketergantungan dari kas desa dan ADD untuk membangun dan memperbaiki bidang insfrastruktur desa salah satu diantaranya adalah balai desa masih terus terjadi. Untuk selanjutnya sangat diperlukan langkah efektif dan efisien yang mendasar agar renovasi balai desa secepatnya tersentuh dengan baik.
2. Balai Desa sangatlah penting bagi masyarakat dan pemerintahan desa Nguruan yang berfungsi secara universal yaitu sebagai tempat pertemuan  musyawarah yang dilakukan pemerintah desa, BPD Nguruan bersama masyarakat  desa, sebagai tempat acara adat baik sedekah bumi maupun peringatan maulid nabi dan sebagai tempat sentral pemuda untuk melaksanakan kegiatan pentas seni setiap tahunnya.
3. Mengingat  pentingnya fungsi balai desa ini yang kondisi fisiknya semakin bertambah rusak  dan luas bangunanya  tidak memadai lagi untuk pelaksanaan kegiatan tersebut di atas maka perlu perhatian berupa pemikiran dan dukungan bantuan moril dari pemerintah dan para donatur sangatlah berguna di dalam mempercepat terlaksananya renovasi gedung balai desa tersebut, demi pembangunan yang riil di pedesaan.

B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan renovasi sarana dan prasarana infrastruktur balai desa adalah:
1.  Menanggulangi kerusakan yang semakin bertambah parah.
2. Meminimalisasi penggunaan dana kas desa dan ADD setiap tahunnya   karena masih banyaknya sarana dan prasarana yang perlu di perhatikan.
3.  Mengingat luas bangunan sangat sempit, dengan dilakukan penambahan luas bangunan maka dapat menampung sekitar 400 orang yang saat ini hanya menampung sekitar 200 orang. 
4. Meningkatkan pembangunan sarana prasarana pedesaan yang nyata, dinamis, serasi dan bertanggung jawab.


II.  PROFIL  DESA
A.  Sejarah Desa
Menurut cerita sesepuh atau orang yang dituakan di desa. Desa Nguruan berasal dari tiga kata yaitu "Ngumpule Uru-UruAn" yang berarti "tempat mengumpulnya aliran (air)" kata  tersebut diperoleh karena semua aliran mata air dari dataran tinggi baik dari desa lain maupun desa sendiri (wilayah dataran tinggi, sekarang Dusun Bulung dan Tanjungan) yang mengalir kepusat Kota.
Pada zaman penjajahan Belanda, desa Nguruan terbagi dalam 2 kelurahan yang terdiri dari kelurahan Krajan dan kelurahan Bulung. Tiap kelurahan dipimpin oleh seorang  lurah yang dibantu oleh Bayan, Petengan, Kamituwo dan Jogoboyo.
Seiring dengan perkembangan zaman, kedua kelurahan tersebut berubah menjadi satu desa yaitu desa Nguruan yang terdiri dari dua dusun yaitu dusun Krajan dan dusun Bulung. Sejak terbentuk desa Nguruan telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa) yaitu:
1.  Tahun 1867 – 1902, Desa Nguruan dipimpin oleh Honggo Joyo
2.  Tahun 1902 – 1928, Desa Nguruan dipimpin oleh Abdul Hadi (Lurah
     Plontang)
3.  Tahun 1928 – 1953, Desa Nguruan dipimpin oleh Ngarijo
4.  Tahun 1953 – 1973, Desa Nguruan dipimpin oleh H. Zaen Alwi
5.  Tahun 1973 – 1998, Desa Nguruan dipimpin oleh H. Zaeni
6.  Tahun 1998 – 2007, Desa Nguruan dipimpin oleh H. Eko Siswanto, SE
7.  Tahun 2007 – Sekarang, Desa Nguruan dipimpin oleh Heri Susilo.

B.  Demografis
Desa Nguruan terbentuk dari 2 Dusun (Nguruan dan Bulung) yang memiliki luas wilayah 4.708.000 m atau 47,08 km2  dengan jumlah penduduk 4.123 orang, 1.915 laki-laki dan 2.208 perempuan serta terdapat 1.814 KK, dimana 665 KK diantaranya adalah RTM.
Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Propinsi Jawa Timur adalah desa paling ujung timur dari Kecamatan Soko yang berjarak 32 km dari ibu kota Kabupaten Tuban dan 5 km dari kota Kecamatan Soko. Desa Nguruan sebelah utara berbatasan dengan desa Gununganyar Kecamatan Soko, sebelah selatan berbatasan dengan desa Sumurcinde Kecamatan Soko, sebelah barat berbatasan dengan desa Jegulo Kecamatan Soko dan sebelah timur berbatasan dengan desa Pekuwon Kecamatan Rengel.

Fasilitas Pendidikan :  
a.  Taman Kanak-Kanak / RA           : 3 unit
b.  SD / Sederajat                                : 4 unit
c.   SLTP / Sederajat                            : 1 unit
d.  SLTA / Sederajat                            : 1 unit
e.  TPQ / Pesantren                            : 2 unit

Fasilitas Kesehatan :
a.  Rumah Sakit Umum                     : -
b.  Puskesmas                                     : -
c.   Puskesmas Pembantu                 : 1 unit
d.  Polindes                                          : 1 unit
e.  Apotek                                             : -
f.    Posyandu                                       : 3 Unit
g.  Toko Obat                                        : -

C.   Keadaan Sosial Ekonomi
Desa Nguruan merupakan desa pertanian. Maka hasil ekonomi warga dan mata pencaharian warga sebagian besar adaalah Petani. Dari jumlah 1.814 KK 80% penduduk bermata pencaharian sebagai petani, selebihnya PNS, TNI/POLRI dan Pedagang.
            Lahan pertanian terdiri dari lahan persawahan yang cukup irigasi dan lahan tegal yang kondisi tanahnya masih temasuk subur mengingat kondisinya di lereng gunung.
                        Di desa Nguruan juga terdapat pasar tradisional desa, namanya pasar santren atau orang-orang biasanya menyebut dengan pasar krempyeng karena pasar ini bukanya mulai pukul 5 pagi sampai pukul 8 pagi. Para pedagang dan pembeli umumnya dari penduduk desa Nguruan sendiri, akan tetapi tidak sedikit pula pedagang dan pembeli yang berasal dari luar desa.

III.  PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN MASALAH
A.  Permasalahan
Adapun pembangunan balai desa  yang diajukan sangat penting dilihat kondisi fisiknya semakin memperihatinkan. Kalau balai desa dipergunakan maka selalu menimbulkan masalah terutama setiap ada kegiatan-kegiatan kepemudaan, maka tempat tidak memadai dikarenakan luas gedung tidak dapat menampung sekitar 400 orang  selain itu atap balai desa telah banyak bocor dan kondisi lantai sudah tidak layak.

B.  Penyelesaian Masalah
Dalam hal ini, beberapa kualifikasi prioritas yang dibutuhkan dalam pembangunan balai desa Nguruan saat ini adalah:
-   Membentuk kepanitiaan dalam mensukseskan terlaksananya proyek ini
-   Merenovasi / merehab balai desa sesuai RAB ( terlampir )

C.  Permohonan Bantuan
Sehubungan dengan ini dalam rangka memperlancar pelaksanaan kegiatan yang dimaksud, bersama ini diajukan permohonan pembangunan balai desa dengan program renovasi/rehab secara menyeluruh, dengan pengadaan alat-alat bangunan yang dibutuhkan kepada MCL (Mobil Cepu Limited) melalui PGA (Public and Government Affair) yang kami harapkan adalah bantuan baik berupa bahan bangunan  maupun berupa materi.
Sebagai pendukung kami lampirkan :
1.   Susunan Kepanitiaan
2.   Rencana Anggaran dan Biaya (RAB)
3.   Peta Lokasi Kegiatan dan Peta Desa
4.   Data Perangkat Desa, BPD, LPMD, RT/RW, PKK, dan Karang Taruna
5.   Berita Acara dan Daftar Hadir Musyawarah Pemerintahan Desa

IV.  LOKASI PROYEK
 Lokasi proyek pembangunan balai desa yang diajukan terletak di desa Nguruan Jalan Trunojoyo No. 12, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
( peta lokasi terlampir ).


V.   RENCANA ANGGARAN
Melalui pembangunan ini diharapkan MCL dapat memberikan biaya yang kami ajukan ini. Adapun kebutuhan biaya sebagaimana dalam Rencana Anggaran biaya terlampir.

VI.   PENUTUP
Demikian permohonan proposal usulan rencana kegiatan pembangunan di bidang infrastruktur renovasi/rehab balai desa ini yang mana dengan terbatasnya dana desa, maka bantuan dari MCL sangat dibutuhkan yang mana susunan panitia pelaksana proyek, sumber dana dan anggaran biaya terlampir.
Besar harapan kami usulan ini menjadi pertimbangan dan atas terkabulnya disampaikan terima kasih.




  

SUSUNAN PANITIA
PEMBANGUNAN  BALAI  DESA  NGURUAN

Penanggung Jawab                : KEPALA  DESA  NGURUAN
Penasehat                               : KETUA  BPD  NGURUAN
Ketua                                       : M. SULKHAN
Sekretaris                                : SYAIFUL  ARIF
Bendahara                              : RAHMAD
Seksi-seksi                              :
1. Seksi Usaha                        : 1. SAMSUL  HADI
                                                     2. JAMHURI
                                                     3. H. ALI NURKAYAT
2. Seksi Umum                       : 1. ABD. AZIZ
                                                    2. SOLIKHUDIN
                                                    3. NUR RIFA’I



          RENCANA  ANGGARAN  DAN  BIAYA

              A.   REHAB BALAI DESA :
1.  Lantai + Dinding                          : Rp.   42.000.000
2.  Atap                                              : Rp.   32.000.000
3.  Genteng                                        : Rp.   12.000.000
             B.   REHAB LAIN :
1.  Pagar                                            : Rp.   48.000.000
2.  MCK                                              : Rp.   10.000.000
3.  Tempat Parkir                              : Rp.   10.000.000
4.  Papan Nama Balai Desa           : Rp.   10.000.000
5.  Paving Halaman + Taman          : Rp.   20.000.000
6.  Poskamling                                  : Rp.   10.000.000
7.  Upah HOK                                    : Rp.   18.000.000
                         J U M L A H            : Rp. 212.000.000

2 komentar:

  1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH KABOIRENG dan dia memberikan nomor MBAH KABOIRENG,dia bilan kepada saya kalau MBAH KABOIRENG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan dengan senan hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085=260=482=111 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH KABOIRENG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya.. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI













    saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH KABOIRENG dan dia memberikan nomor MBAH KABOIRENG,dia bilan kepada saya kalau MBAH KABOIRENG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan dengan senan hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinyn diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085=260=482=111 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH KABOIRENG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya.. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI

    BalasHapus