Jumat, 20 Juli 2012

Warga Grabagan Blokade Tambang Batu Cadas


Warga Desa Grabagan. Kecamatan Grabagan, Tuban,  Kamis (19/7) swiping dan hentikan aktifitas penambangan batu cadas di desa setempat. Blokade area penambangan ini dilakukan warga karena kegiatan penambangan tersebut dianggap sebagai biang kerusakan lingkungan dan jalan poros desa.
Aksi dilakukan puluhan warga menggunakan kendaraan bermotor dan jalan kaki di lokasi pertambangan. Mereka mendesak agar scepatnya aktifirtas trersebut segera dihentikan agar kerusakan jalan tidak bertambah parah.
Sedikitnya sudah ada empat liko meter jalan desa yang rusak setelah menjadi perlintasan dumptruk yang memuat batu tambang. Terhitung sejak aktifitas penambangan dimulai pada 2009 lalu. hanya ada perbaikan jalan dengan cara tambal sulam saja. Sehingga saat ini kerusakan jalan justru semakin parah.
“Penambang hanya melakukan perbaikan jalan sekadarnya. Dan tidak mengembalikan jalan seperti semula. Kita minta tambang ini ditutup jangan sampai kerusakan jalan tambah parah,” ujar Korlap Aksi, Kiswondo.
Warga mengancam, jika tuntutan mereka untuk perbaikanjalan tidak disetujui, tidak akan membiarkan satu  truk pun yang  boleh masuk dan melakukan aktifitas penambangan.
“Kami sudah membentuk kelompok untuk berjaga. Apabila ada truk penambang yang lewat, seketika itu juga akan kami hentikan,” tegas Kiswondo.
Sementara, warga yang semula berniat menghentikan truk pengangkut batu tambang harus kecewa. Karena sejak pagi tidak satu truk pun yang melintas. Warga menduga penambang sudah tahu akan aksi warga.

0 Komentar:

Posting Komentar