Senin, 02 Juli 2012

Museum Kambang Putih Sepi Pengunjung


Sejumlah lokasi wisata di Tuban  yang mulai menunjukan peningkatan pengunjung memasuki musim liburan tahun ini, namun demikian hal tersebut masih belum terjadi di Museum Kambang Putih. Museum yang menyimpan aneka ragam barang peninggalan era sejarah Kabupaten Tuban ini belum jua nampak ada peningkatan pengunjung baik rombongan anak sekolah mau pun keluarga yang sengaja berlibur melihat koleksi benda-benda disana.
Museum yang berada di jalan KH Mustain, yang bersebelahan dengan kantor Pemkab Tuban ini, hanya nampak beberapa orang pengunjung dan penjaga museum yang berjaga. Diakui Roni, staf Museum Kambang Putih, memasuki liburan sekolah ini belum ada peningkatan pengunjung.
“Walau pun banyak pengunjung yang datang ke makam Sunan Boning yang berlokasi tak jauh dari museum, tidak banyak warga atau rombongan anak sekolah yang mampir kemari,” ujar Roni.
Sepinya pengunjung tersebut dapat dilihat dari daftar tamu di museum yang jumlah perharinya tak sampai 20 orang, Tercatat untuk bulan Buni ini jumlah pengunjung hanya sekitar 160 pengunjung. Dan selama seminggu terahir jumlah pengunjung tak sampai 50 orang.
Menurut Roni, pada liburan tahun in belum menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung museum.
“Liburan sekolah museum malah sepi. Pada hari-hari efektif  justru banyak yang datang berombongan,” ungkap Roni.
Mimimnya tingkat kunjungan ke Museum Kambang Putih, terutama masa liburan sekolah, menurut Roni, karena banyak siswa dan sekolah yang berlibur di tempat wisata lain. Seperti pusat perbelanjaan, wahana permainan, dan obyek wisata lainnya.
“Museum sebenarnya adalah sarana edukasi untuk pembelajaran, terutama sejarah dan budaya, jadi, saat liburan seperti ini, tempat hiburan atau wisata yang lebih santai cenderung menjadi pilihan,” kata Roni.

0 Komentar:

Posting Komentar