Rabu, 27 Juni 2012

Populasi Kera di Gembul Terancam Punah



Populasi kera di hutan Gembul, di  Desa Jadi, Kecamatan Semanding,  Kabupaten Tuban kian punah. Bahkan, sumber mata air yang berada di tempat tersebut terus berkurang. Ini terjadi diduga akibat ekploitasi yang tak terkendali oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab.
“Puluhan tahun silam, terdapat ratusan kera di hutan Gembul perbukitan kapur ini.Namun kini, jumlahnya kian menyusut. Mungkin hanya puluhan atau belasan saja,’’ kata pemerhati masalah lingkungan di Tuban, Edy Toyibi.
Menurunnya, tingkat populasi kera, papar Edy, diduga karena banyaknya ekploitasi kera yang tak terkendali yang sering dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab. ”Satu per satu kera-kera tersebut dibawa pergi seiring dengan berkurangnya vegetasi di tempat tersebut,’’ beber Edy.
Tidak hanya itu, sumber mata air di tempat tersebut yang dulunya melimpah, kini juga mulai banyak berkurang. Padahal, imbuhnya, sumber mata air di tempat tersebut dijadikan kebutuhan masyarakat sekitar, mulai mandi, minum, mencuci dan lain-lain.
”Lama-kelamaan air tersebut akan terus berkurang, karena hutan di wilayah tersebut banyak yang gundul akibat penebangan, sehingga tak ada resapan air,’’ ujar Edy Thoyibi.
Karenanya, Edy mendesak kepada pemerintah untuk ikut memperhatikan lebih serius kondisi lingkungan setempat, agar tidak rusak dan terjaga kelestariannya. Bahkan, Edy juga berharap agar tempat tersebut juga dijadikan obyek wisata yang mampu menghasilkan pendapatan asli daerah yang nantinya bisa mensejahterakan masyarakat Tuban pada umumnya dan warga sekitar khususnya.

0 Komentar:

Posting Komentar