Selasa, 06 Maret 2012

Banyak Peminat Ketua, Pansus RUU Pemda dan Desa Deadlock


Jakarta : Hari ini rapat Pansus RUU Pemda dan Desa pertama kali dilaksanakan yang dimulai pukul 12:00 – 14:30 WIB dipimpin oleh Priyo Budi Santoso, Wakil Ketua DPR DRI yang membidangi hukum dan pemerintahan.
Rapat tertutup berlangsung alot dan akhirnya ditutup dengan belum disepakatinya nama ketua pansus. “Karena fraksi banyak yang berminat dan mengusulkan nama sedang dalam pemilihan ketua pansus tidak ada tradisi voting, maka rapat tadi deadlock dan pak Priyo akan melakukan konsultasi dengan para pimpinan fraksi” kata Khotibul Umam Wiranu dari fraksi Demokrat yang beberapa waktu lalau namanya tidak sebut sebagai calon anggota Pansus.
Khotbul mengantikan Gede Pasek Suardika SH MH yang telah menjadi wakil ketua pansus Pemilu. “Saya mengantikan pak Pasek, karena beliau sudah sibuk dan oleh fraksi mungkin saya dianggap cukup mengikuti issu issu pedesaan” kata Khotibul
Mungkin karena RUU Pemda dan Desa sangat strategis sehingga ada 5 nama yang diusulkan oleh fraksinya masing masing dan Khotbul diusulkan oleh fraksi Demokrat. “Ada lima nama yang diusulkan, saya dari Demokrat, PDI Perjuangan mengusulkan Budiman Sujatmiko, Golkar mengusulkan Ibnu Munzir, PAN mengusulkan Totok Daryanto dan PPP mengusulkan nama Akhmad Muqowam.” jelas Khotibul saat dihubungi desa merdeka.
Diharapkan dalam 2 – 3 hari kedepan ketua Pansus sudah bisa ditetapkan dengan hasil pertemuan pimpinan fraksi dengan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso. “Saya berharap dalam 2-3 hari ke depan ketua Pansus sudah bisa ditetapkan dengan konsultasi Pimpinan Dewan dengan para ketua fraksi”  harapnya
Apabila dilihat dari kewajaran dan kebiasaan yang berlaku, maka Khotibul berpeluang untuk menjadi ketua. “Kalo biasanya, ya tinggal dilihat secara proporsonal, kalo itu yang terjadi maka demokrat berpeluang menjadi ketua Pansus. Tapi semua kita serahkan pada pimpinan, yang jelas kita berharap secepatnya terpilih ketua dan pansus bisa bekerja” ungkap anggota DPR komisi III ini.

0 Komentar:

Posting Komentar