Rabu, 25 Januari 2012

Kades Tuntut Modin Baru dan Pencairan ADD lebih Awal

Kepala Desa se-Kabupaten Tuban menuntut pemkab setempat segera mengganti motor dinas (modin). Sebab modin yang selama ini diperuntukkan kepala desa kondisinya sudah memprihatinkan dan kurang layak dipakai. Maklum, karena modin yang selama ini dipakai usianya sudah lebih dari sembilan tahun. “Sepeda motor yang sekarang dipakai kendaraan dinas kepala desa itu, jika mesinnya dihidupkan suaranya gemuruh, karena sudah usia lanjut,” terang Kepala Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding Lik Surito saat dialog, bupati dan wakil bupati beserta kepala desa serta tokoh masyarakat se Kabupaten Tuban di Graha Sandya.


Sementara itu, Mansur Kepala Desa Leran, Kecamatan Palang berharap agar alokasi dana desa (ADD) ditingkatkan menjadi Rp 100 juta setiap desa. Sebab, dengan jatah ADD sekarang ini tidak mencukupi untuk keperluan kemajuan desa. Apalagi, jatah operasional desa yang hanya 30 persen dari ADD yang dirima desa. “Selama ini kepala desa selalu tekor. Belum lagi pencairan ADD selama ini pada bulan November. Padahal kebutuhan desa itu sudah dimulai pada Januari setiap tahunnya,” terang Mansur.

Sumber di kalangan kepala desa lainnya menyebutkan, besaran ADD antara desa satu dengan desa lainnya tidak sama. Patokan ADD masing-masing desa Rp 30 juta dan ditambah sesuai indikator lainnya, seperti jumlah penduduk, PBB dan lain-lainnya. Menurut Sekkab Tuban Heri Sisworo, ADD tahun 2012 di APBD sudah naik 10 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 15,8 miliar. Terkait, percepatan pencairannya akan diupayakan paling tidak pada bulan ketiga sudah dicairkan. “Prinsipnya lebih ceoat lebih baik, sehingga bisa lebih cepat dibelanjakan untuk kepentingan desa,” terang Heri Sisworo yang mendampingi bupati bersama kepala satuan kerja lainnya.

Sementara itu Bupati Tuban Fathul Huda berjanji akan mengusulkan kepada DPRD agar kendaraan dinas kepala desa bisa dianggarkan paling lambat pada APBD 2013 mendatang. “APBD 2012 sudah diputuskan, sehingga nanti soal kendaraan dinas akan kami anggarkan pada 2013. Tapi, kalau PAK 2012 memungkinkan akan kami anggarkan. Tapi, semua tergantung DPRD-nya,” ungkap Huda sambil melirik Wakil Ketua DPRD Teguh Prabowo yang hadir dalam acara tersebut.

0 Komentar:

Posting Komentar