Selasa, 14 Agustus 2012

Segarnya Berbuka Dengan Kelapa Bakar


Kelapa bakar mungkin bisa dijumpai di hampir seluruh kota di tanah air, namun kelapa bakar di Lamongan terasa beda. Minuman ini lebih menjadi minuman untuk kesehatan dan bukan sekedar minuman ringan pelepas dahaga. Selain air kelapa yang telah dibakar, minuman ini juga dicampur rempah-rempah, susu serta madu, Mingg (5/8)
Selain rasanya yang nikmat, kelapa bakar memiliki sejumlah Khasiat, diantaranya dapat mencegah darah tinggi serta demam campak, selain itu, kelapa bakar dipercaya memiliki khasiat untuk menambah stamina, dan bisa menambah gairah seksual bagi kaum lelaki.
Agar bisa disajikan dengan rasa yang nikmat, kelapa bakar ini dipilih kelapa yang masih muda. Sedang proses pembakaranya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Setelah dibakar, sabut yang sudah hangus itu dikupas sampai bersih. Kemudian dibagian atas kelapa dipotong untuk membuat lubang. Setelah itu diberi campuran madu dan susu baru kemudian disajikan.
Rozi, yang sudah menekuni pekerjaan menjual kelapa muda bakar selama sepuluh tahun ini, mengaku, “Setiap bulan puasa omsetnya meningkat hingga dua ratus persen,” katanya. Pada hari-hari biasa dia hanya mampu menjual 30 hingga 40 biji. Namun, “Pada bulan suci ramandhan biasanya saya mampu menjual 100 hingga 150 biji,” tambah rozi.
Mahrus, seorang penikmat kelapa bakar mengaku, minuman kelapa bakar ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. “Karena manfaatnya langsung bisa dirasakan. Habis menyantap kelapa bakar tenaga langsung pulih, meskipun seharian puasa,” katanya.
Karena harganya cukup terjangkau, kelapa bakar ini kini menjadi minuman favorit baik orang dewasa maupun remaja. Satu biji harganya antara delapan hingga sepuluh ribu, melihat besar kecilnya kelapa. Namun pada hari-hari biasa hanya dijual empat sampai enam ribu rupiah saja.
Bagi anda, yang kebetulan melewati alon-alon kota lamongan. Jangan lupa mampir dan menikmati minuman favorit kelapa bakar buatan orang lamongan.

0 Komentar:

Posting Komentar