Kamis, 31 Mei 2012

http://nguruan.blogspot.com Portal Dunia Maya Desa Nguruhan


Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) seakan-akan menjadi kebutuhan pokok dewasa ini. Mulai dari anak-anak usia sekolah dasar sampai dengan ibu-ibu rumah tangga pun telah mengenal teknologi ini. Media sosial seperti facebook dan twitter pun laris manis bak kacang goreng. Namun ironisnya pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat ini masih sebatas sebagai sarana hiburan, shopping, ataupun sebagai sarana curhat belaka. Padahal dibalik semua itu, teknologi informasi mempunyai manfaat yang sangat besar di bidang yang lain.
Desa Nguruhan dengan jumlah pengguna internet yang terbilang besar, yaitu hampir setengah dari jumlah penduduknya,  telah mencoba untuk memanfaatkan IT dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Mulai dari yang sederhana seperti administrasi surat menyurat, kependudukan, database profil desa, kearsipan sampai dengan pemanfaatan internet sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Bahkan sejak awal tahun 2012 desa ini telah mempunyai website sendiri.
Situs Desa Nguruhan ini dapat diakses melalui alamat nguruan.blogspot.com dan berisikan informasi-informasi penting seputar desa Nguruhan. Website ini memuat berbagai informasi seputar pemerintahan, pertanian, serta potensi-potensi yang terdapat di desa Nguruhan.
Memang tak bisa dipungkiri penggunaan teknologi informasi khususnya bagi instansi pemerintah masih sangat minim. Hal itu ditambah dengan jaringan internet yang belum menyentuh sampai ke pedesaan. "Sementara ini kami masih menggunakan modem pribadi untuk mengakses internet karena memang di desa Nguruhan ini belum terdapat jaringan internet yang memadai", kata Arief Jogoboyo (admin).
Keberadaan website ini dinilai positif oleh masyarakat desa karena disamping sebagai sumber informasi, situs ini juga menyediakan ruang publik bagi warga yang mempunyai uneg-uneg, pertanyaan, kritik dan saran bagi pemerintah desa.

0 Komentar:

Posting Komentar