Selasa, 24 Januari 2012

PT Holchim Akan Bangun Pelabuhan di Tuban


PT Holchim Indonesia tengah mempersiapkan pembangunan pelabuhan yang berlokasi di pesisir pantai utara, tepatnya di Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Jawa Timur. Proyek ini dibangun untuk memperlancar pengiriman semen lewat jalur laut.  “Perencanaannya sudah siap,” kata Civil Enginering Pelabuhan Holcim, Johan Setiawan dalam acara jumpa pers di Tuban, Rabu, 18 Januari 2012, sore.


Dijadwalkan, proyek akan mulai dilaksanakan pada April mendatang. Pembangunan pelabuhan akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu cuseway sepanjang 115 meter, acces trestle 780 meter dan loading platform 175 meter atau total panjang sekitar 1,5 kilometer. 

Nantinya, proyek akan dikerjakan oleh perusahaan Belanda, BAM Decorient. Sesuai jadwal, seluruh kontruksi diperkirakan baru dapat selesai total Januari 2013. Meski dikerjakan oleh asing, pengerjaannya akan membutuhkan tenaga lokal di Tuban. Perkiraannya, tenaga yang dibutuhkan sekitar 100 orang. 

Pengerjaan pelabuhan untuk semen ini, akan menambah jumlah pelabuhan untuk kebutuhan serupa di Tuban. Sebelumnya, di Tuban juga berdiri Pelabuhan milik PT Semen Gresik Tbk. di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban Pelabuhan ini, juga menjadi penopang untuk transportasi pengiriman semen, dari Tuban ke sejumlah daerah di tanah air.

Dengan bertambahnya jumlah pelabuhan di perairan utara Kabupaten Tuban, itu akan berdampak pada menyempitnya areal penangkapan ikan nelayan. Dengan panjang pantai di Tuban sekitar 60 kilometer, nelayan di kabupaten ini, mulai menyisir ikan ke luar perairan di Tuban.

PT Holchim Indonesia mengaku sudah menyiapkan sejumlah program untuk mengatasi dampak berkurangnya hasil tangkapan ini. Di antaranya dengan program diversifikasi alat tangkap nelayan, pelatihan kewirausahaan, penguatan organisasi nelayan, pelatihan dan pengembangan usaha untuk nelayan dan warga sekitar. 

PT Holchim juga mengaku akan bertanggung jawab atas kerusakan rumpon dan jala ikan jika terganggu kapal . “Jelas kita akan bertanggung jawab,” ujar Juru Bicara PT Holchim Indonesia di Tuban, Indri, di Tuban. 

0 Komentar:

Posting Komentar