Selasa, 29 Mei 2012

Membangun Blogdesa, Situs Desa Indonesia Menyapa Dunia


Berdasarkan data dari internetworldstat.com, jumlah pengguna internet di Indonesia sampai akhir 2011 berjumlah 55 juta. Meski jumlah ini masih terbilang kecil ( 22.4% jumlah penduduk ), potensi ini akan terus tumbuh dan berkembang karena kemudahan dan kemurahan pembuatan situs di internet melalui selular. Menunjuk pada program Kemenkominfo yang mentargetkan seluruh kecamatan di Indonesia akhir tahun 2012 telah bisa diakses Internet, maka menjadi sebuah kejadin tragis bila tidak dipersipakan masyarakt desa untuk mampu memanfaatkannya.
Dengan Media webblog atau Blogdesa yaitu blog yang dikususkan untuk desa, maka akan tercipta sarana menyampaikan infromasi, gagasan, pendapat serta informasi profil desa. Blogdesa akan menjadi fasilitasi gratis bagi pemerintah desa, dan tim blogdesa juga siap melakukan pendampingan pada pemerintah desa. Blogdesa yang didalamnya memuat potensi desa dan problematika yang dihadapi memungkinkan untuk putra desa dan organisasi sosial kemasyarakatan untuk ikut tampil membantu menyelesaikannya.
Manfaat Blogdesa
Pemerintah Desa Sebagai institusi pemerintah di tingkat paling dekat dengan masyarakat mampu menempatan peran pemerintah desa sebagai motor pengerak pembangunan. Menempatkan Pemerintah Desa sebagai kunci utama keberhasilan program, maka Pemerintah Desa diharapkan mengambil peran lebih. Pemerintah Desa mampu menjadi Pelaksana program dan pengembang desa digital dengan program utama e government, Balai Internet Desa dan Blogdesa. Menjadi pendukung data dan informasi seputar desa dan potensi ekonomi yang dimiliki.
Target yang ingin didapatkan
Dengan Blogdesa maka Pengembangan Pusat Informasi Desa berbasis teknologi internet dengan konsep pengembangan Balai Internet Desa diharapkan akan terbangun. Menjadi terbukanya kesempatan kerja, akses pemasaran, akses pembiayaan. Tersedianya data base informasi pemerintahan dan potensi desa agar masyarakat dapat mengakses dalam pemanfaatan SDA yang dimiliki desa. Peningkatan partisipasi masyarakat dalam perluasan kesempatan usaha serta pelayanan umum serta sosial bagi masyarakat desa yang bersangkutan maupun masyarakat di luar desa.


0 Komentar:

Posting Komentar