Sabtu, 18 Februari 2012

SBY Melecehkan dan Membohongi Kepala Desa


Desa Merdeka – Sragen : Penyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang lebih suka para kades turun ke sawah mencari solusi kesultan petani membohongi kepala desa karena SBY juga sibuk ngurusi partai Demokrat.
“Ini pernyataan satir SBY. SBY sudah berbohong, sebab SBY berjanji akan segera menggolkan RUU Desa. Kepala Desa akan mengikuti perintah itu, dengan syarat SBY jangan sibuk mengurusi partainya. Begitu juga pemerintah harus mengesahkan RUU Desa,” tegas Ketua Umum Parade Nusantara, Sudir Santoso, kepada wartawan (17/2).
Parade Nusanta yang merasa ikut andil dalam keterpilihan SBY sebagai presiden dinilai melecehkan orang desa karena belum melahirkan UU Desa.
Menurut Sudir, Parade Nusantara tetap akan turun ke jalan hingga RUU Desa disyahkan. “Parade Nusantara punya andil dalam dua kali pemilihan SBY sebagai presiden. SBY tak usah ngurusin orang desa, yang terjadi saat ini justru melecehkan orang desa. SBY belum mewujudkan apa yang telah dijanjikannya. SBY berjanji akan melahirkan UU Desa. SBY sudah membohongi orang desa,” tegas Sudir.
Meskipun tidak melarang, SBY menghimbau daripada turun ke jalan, lebih baik para kades turun ke sawah untuk menyelesaikan problem warganya.
Hal tersebut disampaikan Presiden Yudhoyono dalam panen raya di Desa Bener, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Jumat (17/2/2012). “Sebenarnya saya lebih senang kalau para kades itu berbondong-bondong ke sawah, untuk mengenali dan menyerap masukan serta kesulitan petani dan kemudian dicarikan solusinya,” ujar Presiden SBY.

1 komentar:

  1. Butuh waktu, telaah,dan ketelitian untuk mengesahkan UU Desa. Jangan ngotot dan buru-buru Pak Sudir, justru RUU Desa yang ada sekarang malah melemahkan Desa, bahkan tidak ada otonominya buat Wong Ndeso. Nanti, malah Anda yang disalahkan di kemudian hari oleh Wong Ndeso. Dalam filosofi Jawa, ada maknanya tentang “berbondong-bondong ke sawah” yaitu bersama-sama mencari sesuatu terkait apa yang ada di sawah, baik masalahnya maupun kendalanya. Ingat istilah Desa Mowo Coro, Negoro Mowo Toto? itulah maknanya. Sawah disini mengandung arti isi dalam pasal-pasal yang mengatur tentang desa itu, jadi ojo kesusu mas, ojo dumeh juga. Untuk apa buru-buru mengsahkan RUU Desa kalau isinya melemahkan Desa? mengapa Anda mendesak produk UU yang tidak pro Desa? Anda di pihak Desa atau tidak?

    BalasHapus