Kamis, 16 Februari 2012

Dari Usulah 15 Pasar Desa ada Penundaan 4 Lokasi


Desa Merdeka – Kudus :  Dari usulan pembangunan 15 pasar desa Pemeritah Kabupaten Kudus, terdapat penundaan untuk empat usulan karena tanah yang disediakan oleh pemerintah desa setempat ternyata tidak sesuai ketentuan, di antaranya ada yang milik PT Kereta Api Indonesia, tanah pengairan, serta alasan lokasinya yang berdekatan dengan pasar lainyang tersebar.
“Anggaran yang kami usulkan untuk pembangunan 15 pasar desa serta perbaikan sejumlah pasar yang ada di Kudus sekitar Rp15 miliar,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus Porwadiyono di Kudus, Selasa (14/2).
Dengan adanya penundaan empat usulan pembangunan pasar desa tersebut, katanya, dana sekitar Rp1 miliar yang rencananya untuk pembangunan keempat desa tersebut akan dialihkan untuk kegiatan lain.
Ia mengatakan, rencana pembangunan pasar desa berdasarkan atas usulan dari pihak desa, kemudian ditindaklanjuti dengan mengundang seluruh kepala desa untuk meminta penjelasan terkait pengajuan pembuatan pasar desa.
Selanjutnya, kata dia, akan dilakukan survei lapangan, terkait lahan dan lokasi tanah yang akan dibangun pasar.
“Kajian dan survei ini bertujuan untuk mengetahui berbagai hal, terutama untuk lokasi pasar harus dipastikan tidak ada persoalan nantinya,” ujarnya.
Berdasarkan hasil kajian dan survei, akhirnya ada empat usulan pembangunan pasar desa yang ditunda karena areal tanah yang disiapkan tidak sesuai.
Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Kudus Masan mengatakan, usulan pembangunan pasar desa dan rehabilitasi pasar di Kudus masih dibahas untuk penyesuaian anggaran dengan dinas terkait.
“Informasinya, memang ada usulan pembangunan pasar desa yang ditunda karena lokasinya berada di lahan yang tidak sesuai ketentuan,” ujarnya.
Ia mengaku, belum bisa memastikan besarnya anggaran pembangunan pasar desa yang akan dikurangi karena masih menunggu hasil rapat dengan Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus pekan ini.
“Rencananya, memang ada rasionalisasi anggaran, termasuk usulan pembangunan pasar,” ujarnya.

0 Komentar:

Posting Komentar